Fasilitator SAC UNPAB Ikuti Pelatihan Ketahanan Nasional Pemuda (Tanasda) Dinas Pemuda Dan Olah Raga Sumatera Utara

Tanggal: 15 November 2011, Hits: 286, Oleh: admin


Pada tanggal 26 September sampai dengan 2 Oktober 2011 lalu telah diselenggarakan Pelatihan Ketahanan Nasional untuk Pemuda atau lebih dikenal dengan sebutan Pelatihan Tannasda di gedung BP-PNFI Regional I, Jalan Kenanga Raya No. 64 Psr VI Tanjung Sari Medan Sumatera Utara. Pelatihan Tannasda merupakan program yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Kemenpora di tingkat Nasional untuk para pemuda berusia 16-30 tahun (berdasar pada UU Kepemudaan No. 40/2009).

Peserta Tannasda Tahun 2011 ini terdiri dari unsur Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Organisasi Kepemudaan (OKP) dari seluruh Sumatera Utara yang mana untuk tahun ini jumlah peserta mencapai 50 peserta Pemuda dan diantaranya terdapat dua peserta mahasiswa utusan dari fasilitator Student Advisory Center (SAC) UNPAB. Seluruh peserta berkumpul dan berbaur di BP-PNFI untuk dipersiapkan dan dididik oleh Dinas Pemuda dan Olah Raga Sumatera Utara dan berbagai instansi terkait untuk dapat menjadi Pemuda yang berwawasan ketahanan nasional, mempunyai kualitas Kepemimpinan dan berwawasan kebangasaan pemuda.

Pelatihan Tannasda yang pada tanggal 26 September 2011 ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Propinsi Sumatera Utara dan merupakan Pelatihan level tertinggi untuk para pemuda di Sumatera Utara. Hal ini dikarenakan substansi materi yang diberikan oleh berbagai lembaga tersebut merujuk pada Pertahanan dan Ketahanan Nasional, Wawasan Kebangsaan, Kepemudaan, dan sebagainya, yang mana diharapkan nantinya para alumni Tannasda ini dapat menjadi komponen pendukung di dalam Sistem Pertahanan Semesta bangsa kita.

Selain itu, program ini juga mempunyai maksud untuk dapat melahirkan pemuda yang memiliki kualitas kepemimpinan yang handal untuk berkiprah dalam kepemimpinan nasional di masa mendatang yang memiliki wawasan kebangasaan dan ketahanan nasional yang tangguh dalam bingkai NKRI.